Visiuniversal---Banyak hal yang terkait dengan duduk perkara pendidikan, salah satunya yaitu duduk perkara penelitian dalam bidang pendidikan. Pendidikan sanggup dilihat sebagai objek kajian interdisiplin yang berdasarkan MC.Milan dan Schumcher (1984) banyak meminjam konsep dan teori bidang ilmu lain ibarat psikologi, sosiologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Metode yang dipakai dalam penelitian pendidikan juga mengacu pada metodologi yang lazim dipakai di banyak sekali bidang ilmu tersebut, yakni pendekatan behavioral science. Berbagai konsep ibarat intelegensi, peran, status, norma, konsep diri, keefektifan biaya juga dikaji dalam penelitian pendidikan dengan memakai pendekatan tersebut.
A. Pengertian Penelitian Pendidikan
Apakah yang dimaksud dengan penelitian pendidikan? Penelitian pendidikan yaitu upaya ilmiah untuk memahami bermacam-macam duduk perkara pendidikan dan fenomena yang ada di dunia pendidikan. Fenomena merujuk pada duduk perkara yang muncul dalam sistem pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Masalah ini sanggup muncul dalam banyak sekali bentuk. Hampir setiap aspek dari ketiga sistem pendidikan tersebut memiliki peluang untuk muncul menjadi duduk perkara yang layak teliti. Beberapa teladan yang mencerminkan hal tersebut yaitu penelitian wacana tingkat putus sekolah, kecepatan belajar, motivasi belajar, dan sebagainya.
B. Ruang lingkup Penelitian Pendidikan
Ruang lingkup penelitian pendidikan luas sekali alasannya yaitu pendidikan sendiri merupakan bidang kajian yang terkait erat dengan beberapa disiplin ilmu lain ibarat psikologi, sosiologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Banyak sekali konsep atau teori pendidikan yang dikembangkan dengan mendapat insipirasi atau berlandaskan banyak sekali bidang ilmu tersebut. Contoh dalam hal ini yaitu pengkajian konsep intelegensia, pengembangan sumber daya manusia, difusi, otoritas, efektivitas biaya, konsep diri dan budaya dalam praktik pendidikan dilapangan.
Penelitian pendidikan semula berorientasi pada pendekatan behavioristik. Hal ini tampak terperinci dari efek disiplin ilmu psikologi yang dipakai untuk uji pengukuran banyak sekali aspek belajar-mengajar. Meskipun demikian, akhir-akhir ini tampak ada kecendrungan bahwa penelitian pendidikan menoleh pada pendekatan lain yang dipakai dalam ilmu sosial. Pendekatan ibarat observasi-partisipatif dalam antropolig dalam antropologi serta analisis ekonomi pendidikan merupakan beberapa teladan yang mengambarkan adanya kecenderungan tersebut.
Penggunaan banyak sekali konsep dan pendekatan dari banyak sekali disiplin ilmu memperkaya khasanan penelitian pendidikan. Hal tersebut membuka kemungkinan satu aspek pendidikan dikaji dari banyak sekali pendekatan yang berbeda sehingga peluang untuk mendapat citra yang lebih utuh semakin terbuka lebar. Salah satu conto mengenai hal ini yaitu kajian dalam pendidikan matematika. Kajian dalam bidang tersebut sanggup dilakukan dengan pendekatan survei kebutuhan atau kelayakan kurikulum yang akan digunakan, pendekatan observasi eksklusif terhadap interaksi guru dan siswa di kelas,atau pendekatan eksperimental mengenai imbas banyak sekali jenis materi bimbing dan terhadap prestasi siswa.
Demikian ringkasan wacana pengertian dan ruang lingkup penelitian pendidikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.