KODE IKLAN DFP 1 Contoh Makalah Wacana Pendidikan Karakter | materi pelajaran k13 smp

Contoh Makalah Wacana Pendidikan Karakter

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Contoh makalah pendidikan - Tema wacana pendidikan sudah beberapa kali saya publis di blog contoh pidato pendidikan, maupun bentuk pembahasan yang bersifat spesifik mengenai hal - hal tertentu. Pada kesempatan ini saya mengangkat tema pendidikan melalui sebuah teladan makalah wacana pendidikan khususnya wacana pendidikan abjad yang bergotong-royong pendidikan abjad ini sudah saya bahas pada artikel terdahulu dan sanggup anda baca di pengertian dan tugas pendidikan karakter

Makalah pendidikan karakter ini saya susun hanya sebagai teladan dalam membuat makalah sekaligus semoga sanggup menjadi rujukan bagi anda yang akan membuat makalah khusunya yang bertemakan wacana pendidikan. dan kalau ada kekurangan dari contoh makalah ini saya mohon maaf dan silahkan berkomentar tentunya komentar yang sifatnya membangun dan sesuai dengan tema artikel. Untuk melihat contoh makalah yang lain silahkan anda lihat pada penggalan selesai dari artikel ini

Makalah Tentang Pendidikan Karakter



KATA PENGANTAR
      Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahnya dan tentunya nikmat sehat sehingga penyusunan makalah ini selesai sesuai dengan apa yang diharapkan. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas semua pihak yang ikut membantu penyusunan makalah wacana pendidikan karakter. Penyusunan makalah ini bertujuan untuk menunjukkan klarifikasi wacana pendidikan abjad baik itu dari sisi pengertian pendidikan abjad maupun keberadaan serta tugas pendidikan abjad dalam membangun kemajuan sebuah bangsa khususnya Indonesia. Semoga apa yang kami sampaikan melalui makalah ini sanggup menambah wawasan baik itu untuk kami eksklusif sebagai penulis maupun dunia pendidikan pada umumnya.
        Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh alasannya yaitu itu kami sangat mengharap adanya kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak - pihak yang sudah membantu dalam penyusunan makalah ini.



15 Mei 2014                                                                                                       Denpasar



                                                                                                                           Penyusun



DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I          PENDAHULUAN
                    1.1. Latar Belakang
                    1.2. Rumusan Masalah
                    1.3. Tujuan
                    1.4. Ruang Lingkup
BAB II        PEMBAHASAN
                    2.1. Pengertian Pendidikan Karakter
                    2.2. Contoh Program Pendidikan Karakter
                    2.3. Peran Pendidikan Karakter
BAB III       PENUTUP
                    3.1. Kesimpulan
                    3.2. Saran

Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
       Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber daya alamnya yang melimpah intinya Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk menjadi salah satu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari dikala ini, dan itu semua sanggup terwujud tentunya dengan pertolongan sumber daya insan yang berkualitas, kreatif dan mempunyai visi yang terang dan terarah untuk kemajuan Bangsa. Untuk memenuhi tujuan terciptanya sumber daya insan yang berkualitas tentunya pendidikan yaitu faktor terpenting yang tidak sanggup dipisahkan.

       Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 wacana sistem pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk abjad serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber daya insan yang cerdas akan tetapi juga bisa mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, kreatif, mempunyai misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara yang baik. Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari potensi yang dimiliki oleh orang tersebut, potensi dalam arti tidak saja berbicara wacana skil akan tetapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.

   Berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ( Ali Ibrahim Akbar, 2000) mengungkapkan bahwa kemampuan teknis (Hard Skill) hanya menunjukkan donasi sekitar 20% terhadap kesuksesan seseorang, selebihnya sekitar 80% kesuksesan seseorang ditentukan oleh soft skill dan itu artinya karakteristik seseorang mempunyai porsi yang lebih besar sebagai penentu sukses tidaknya seseorang dimana karakteristik seseorang sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan abjad yang ia serap.

1.2. RUMUSAN MASALAH
       Penulis telah menyusun beberapa problem yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan penggalan isi. Beberapa problem tersebut antaralain :

a. Apa pengertian pendidikan karakter
b. Bagaimana Contoh kegiatan pendidikan karakter
c. Bagaimana tugas pendidikan abjad dalam membangun kemajuan bangsa

1.3. TUJUAN PENULISAN
       Berdasarkan rumusan problem di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut

  • Untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter
  • Untuk mengetahu teladan kegiatan pendidikan karakter
  • Untuk mengetahui tugas pendidikan abjad dalam membangun kemajuan bangsa


BAB II
PEMBAHASAN


2.1. PENGERTIAN PENDIDIKAN KARAKTER

Pengertian karakter

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia Karakter yaitu Sifat - sifat kejiwaan, adab atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain
  • Menurut (Ditjen Mandikdasmen - Kementerian Pendidikan Nasional) abjad yaitu cara berfikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan berhubungan baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.


Pengertian pendidikan
Berdasarkan (UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003) yaitu perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diharapkan dirinya dan masyarakat.

Pengertian pendidikan karakter
Pendidikan abjad yaitu sebuah sistem yang menanamkan nilai abjad pada akseptor didik yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai - nilai baik terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan maupun bangsa. Sementar itu berdasarkan Lickona pendidikan abjad yaitu suatu perjuangan yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia sanggup memahami, memperhatikan dan melaksanakan nilai - nilai etika yang inti

2.2. CONTOH PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER

A. Lingkungan Sekolah
  • Training Guru
Program ini tujuannya yaitu menunjukkan wawasan dan training kepada guru untuk memahami para anak didiknya dari segi psikologis yang kemudian sanggup mempermudah dalam memilih metode yang paling tepat untuk mendidik para siswanya melaui pendekatan psikologis sehingga para anak didik sanggup menyerap bahan yang disampaikan tanpa adanya beban ataupun rasa takut alasannya yaitu perbedaan status antara guru dan siswa namun tentunya tanpa mengurangi instruksi etik dan norma etika dan sopan santun

  • Program Kurikulum Pendidikan Karakter
Program ini di khususkan untuk suksesnya pendidikan abjad di sekolah, disamping pemberian bahan juga menanamkan nilai - nilai kehidupan kepada para siswa

B. Lingkungan Keluarga
       Karakter akan terbentuk dari apa yang kita lihat, kita rasakan, dan dari sebuah aktifitas yang sering kita lakukan yang kemudian menjadi sebuah kebiasaan dan pada jadinya akan menjadi sebuah kepribadian yang juga disebut dengan karakter.
Pada dasarnya setiap insan mempunyai 3 korelasi yaitu korelasi dengan diri sendiri, korelasi sosial dan alam sekitar dan korelasi dengan Tuhan YME. Dari ketiga korelasi tersebut akan membuat pemahaman kepada anak yang selanjutnya menjadi sebuah keyakinan dan dari sebuah pemahaman tersebut akan memilih cara anak dalam memperlakukan dunianya.
Positf atau negatif sikap anak sangat tergantung dengan faktual atau negatifnya pemahaman anak tersebut dalam memahami atau memandang sebuah permasalahan atupun objek dan segala sesuatu yang terdapat disekitarnya.

       Membangun abjad anak semenjak usia dini mempunyai imbas yang membekas dan akan tetap tertanam hingga anak itu tumbuh lebih remaja dan bisa menjadi filter dari apa yang ia temukan di lingkungan sosial yang lebih luas yaitu masyarakat. Dari lingkungan keluarga ini lah persespsi anak akan terbentuk oleh alasannya yaitu itu berikanlah pemahaman yang faktual terhadap baik dalam bentuk komunikasi maupun sikap dan berikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dengan tetap adanya kontrol yang seimbang

2.3. PERAN PENDIDIKAN KARAKTER
       Dunia pendidikan yaitu sebagai instrumen penting sekaligus sebagai penentu maju mundurnya sebuah bangsa dan forum pendidikan yaitu sebagai motor pelopor untuk memfasilitasi perkembangan pendidikan karakter. Keduanya merupakan satu kesatuan yang seharusnya berjalan seiring dan berimbang alasannya yaitu ibarat yang sudah diungkapkan pada penggalan pendahuluan bahwa kesuksesan seseorang 80% ditentukan dari karakteristik seseorang apakah bisa mengelola potensi yang dimiliki serta bisa mengelola orang lain. Makna dari mengelola tentunya bersifat psoitif yaitu bisa berhubungan dan mengimplementasikan potensi yang dimiliki dalam sebuah tindakan yang kreatif.

      Kemajuan suatu bangsa tidak akan tercapai hanya dengan tersedianya sumber daya alam yang melimpah dan orang - orang cerdas tanpa didukung dengan kepribadian yang positif. Di sinilah tugas pendidikan abjad menjadi sangat penting untuk membuat insan yang cerdas, kreatif dan berpepribadian yang luhur biar bisa mengelola sumber kekayaan alam sesuai dengan semestinya yaitu untuk membangun sebuah bangsa yang tidak hanya maju secara ekonomi atau tangguh dalam militer akan tetapi tidak mencerminkan bangsa yang bermartabat melainkan menjadi bangsa yang besar, sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam segala aspek dan bangsa yang berbudaya luhur dan bermartabat.

BAB III
PENUTUP


3.1. KESIMPULAN
       Dari pembahasan di atas penulis sanggup menyimpulkan beberapa hal yang meliputi wacana pendidikan abjad yaitu bahwa pendidikan abjad sanggup dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga dan forum pendidikan yaitu sebagai motor pelopor untuk pengembangan pendidikan abjad melalui banyak sekali kegiatan baik itu yang ditujukan kepada para pengajar maupun kepada para anak didik atau siswa.
Pendidikan abjad suatu sistem untuk menanamkan nilai nilai kpribadian yang luhur yang meliputi korelasi terhadap diri sendiri, terhadap lingkungan sekitar dan korelasi terhadap Tuhan YME dimana semua itu terbentuk dari sebuah pemahaman terhadap apa yang dilihat, dirasa, dan didengar.
Tujuan dari pendidikan abjad yaitu untuk meningkatkat kualitas dari pendidikan itu sendiri untuk membuat insan yang cerdas, kreatif , berahlak dan mempunyai kepribadian yang faktual biar bisa mengelola dan mengambil tugas dalam membangun bangsa yang bermartabat.

3.2. SARAN
       Pemerintah yaitu sebagai kontrol dunia pendidikan alasannya yaitu dari sinilah masa depan bangsa di tentukan, guru sebagai pendidik sudah sepantasnya sanggup memilih metode yang paling tepat untuk mendidik para siswanya melalui pendekatan psikologis biar tercipta suasana mencar ilmu yang nyaman dan kekeluargaan dan yang terakhir yaitu orang renta sebagai orang terdekat dan merupakan daerah pertama seorang anak mengenal lingkungan hendaknya menunjukkan teladan yang faktual dalam keseharian baik dalam bentuk sikaf maupun komunikasi yang bersidat searah dan dua arah
Akhirnya dari semua pembahasan ini kami sebagai penulis berharap semoga makalah ini sanggup menunjukkan manfaat bagi kita semua. Amin..
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2