Seperti yang anda lihat pada judul di atas yaitu pola cara menciptakan proposal perjuangan / kewirausahaan bag.2 yang artinya artikel ini ialah lanjutan dari contoh proposal kewirausahaan bab pertama dan bagi anda yang belum sempat membaca contoh proposal usaha bab pertama silahkan anda lihat di pola proposal dimana di bab pertama tersebut telah diulas hanya hingga pada BAB.2 (Aspek Produksi) dan kini kita lanjut ke BAB berikutnya yaitu aspek pemasaran, aspek modal dan epilog proposal
Contoh Proposal Kewirausahaan
Aspek Pemasaran
a. Lokasi Pasar
Lokasi pasar sendiri tebilang sangat strategis. Saya menentukan sebuah ruko yang berada di sebelah jalan raya dan alun-alun, sehingga hampir setiap ketika ramai orang, terutama pada ketika hari ahad dan liburan. Selain itu di alun-alun juga terdapat berbagai event besar menyerupai kampanye, dangdut, jalan sehat, dll. Tentunya hal ini memudahkan aku dalam pemasaran dan penjualan
b. Segmen Pasar
Kebanyakan pembeli yang tiba ialah anak muda, para wisatawan, dan orang dewasa. Sedangkan untuk bawah umur sendiri kebanyakan membeli di warung dengan porsi yang lebih murah dan terjangkau. Apalagi pada ketika hari ahad dan event besar, banyak orang yang berkumpul dan berekreasi di alun-alun sehingga secaraa otomatis akan membeli oleh-oleh sebagai oleh-oleh untuk keluarga mereka
c. Kondisi Pasar
Sebenarnya perjuangan aku cukup banyak mempunyai pesaing. Pembuatan sale yang termasuk sederhana mengakibatkan banyak orang yang berlomba untuk memproduksi dan menjualnya. Tetapi, aku berusaha menggunakan beberapa taktik biar produk aku tidak kalah dengan produsen lain. Berikut ini strateginya:
- Memberi pelayanan yang baik dan ramah
- Tidak mempalsukan produk
- Harga berimbang
- Diskon Harga untuk pembelian yang banyak
- Variasi produk : sale aneka rasa
- Promosi
- Tidak mempalsukan nilai timbangan
d. Baruan Pemasaran
Harga
Berikut ini harga yang aku memutuskan untuk produk aku :
1. Kemasan plastik
- Sale original harga RP.400,-
- Sale original harga Rp.900,-
- Sale 250 gram original harga Rp.6.000,-
- Sale 500 gram original harga Rp.12.000,-
- Sale aneka rasa harga Rp.1.800,-
- Sale 250 gram aneka rasa rasa Rp.10.000,-
- Sale 500 gram aneka rasa rasa Rp.20.000,-
- Sale 400 gram original harga Rp.10.000,-
- Sale 400 gram aneka rasa rasa Rp.17.000,-
- Sale 200 gram original harga Rp.5.500,-
- Sale 400 gram original harga Rp.11.000,-
- Sale 200 gram aneka rasa rasa Rp.9.000,-
- Sale 400 gram aneka rasa rasa Rp.13.000,-
Distribusi
Dalam pendistribusian produk, aku mendistribusikan eksklusif produk aku kepada penjual. Contohnya aku mendistribusikan sale aku kepada penjual di kantin sekolah, warung kopi, warung sembako, toko kelontong, dll. Pendistribusian ini terutama berfokus pada sale original harga Rp.500,- , sale original harga Rp.1.000,- , sale aneka rasa harga Rp.2.000. Karena harganya yang murah dan terjangkau akan lebih banyak peminat di bandingkan sale yang mempunyai harga lebih mahal. Dalam pendistribusian, aku menggunakan sepeda motor yang telah aku beli
Promosi
Sebuah barang produksi tentunya akan di kenal luas jika ada promosi. Begitu juga dengan sale, di sini aku akan menggunakan banyak media promosi.Tujuannya untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas sehingga sanggup menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Berikut ini media media yang akan aku gunakan
1. Label
Tiap 1 bungkus sale akan di berikan label dalam bentuk gambar yang merupakan ciri khas dari produk sale yang aku buat
2. Door To Door
Metode promosi ini aku akan memperlihatkan tetangga, teman, dan kenalan aku ihwal produk saya. Dalam sistem promosi jenis ini, aku akan mengatakan pecahan harga/ diskon kepada pembeli yang membeli sale aku dengan jumlah banyak
3. Media Internet
Kemajuan teknologi ketika ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk dijadikan media promosi. Dalam promosi jenis ini aku menggunakan beberapa sosial media menyerupai facebook, twitter dan juga melalui website
e. Target Penjualan
Banyaknya sale yang dibutuhkan
Sale original : 150 kg : 7,5 = 20
Rp. 147.000 x 20 = Rp2.940.000,-
Sale aneka rasa : 180 kg : 7,5 = 24
Rp. 182.000 x 24 = Rp. 4.368.000,-+
Total Rp. 7.308.000,-
Harga kotor : Rp. 11.155.000,00 – Rp. 7.308.000,00 = Rp. 3.847.000,-
Sale original : 150 kg : 7,5 = 20
Rp. 147.000 x 20 = Rp2.940.000,-
Sale aneka rasa : 180 kg : 7,5 = 24
Rp. 182.000 x 24 = Rp. 4.368.000,-+
Total Rp. 7.308.000,-
Harga kotor : Rp. 11.155.000,00 – Rp. 7.308.000,00 = Rp. 3.847.000,-
Biaya :
Tenaga kerja : Rp.800.000,-
Promosi : Rp.100.000,-
Distribusi : Rp.50.000,-
Listrik : Rp.30.000,-
Lain-lain : Rp.20.000,- +
Total : Rp.1.000.000,-
Pendapatan higienis :Rp. 3.847.000 – Rp.1.000.000 = Rp. 2.847.000,-
Tenaga kerja : Rp.800.000,-
Promosi : Rp.100.000,-
Distribusi : Rp.50.000,-
Listrik : Rp.30.000,-
Lain-lain : Rp.20.000,- +
Total : Rp.1.000.000,-
Pendapatan higienis :Rp. 3.847.000 – Rp.1.000.000 = Rp. 2.847.000,-
a. Penggunaan Modal Usaha
Pengadaan Ruko : Rp. 60.000.000,-
Pengadaan Alat : Rp. 601.000,-
Pengadaan Bahan : Rp. 9.826.000,-
Pengadaan Kemasan : Rp. 87.000,-
Pengadaan Promosi : Rp. 100.000,-
Pengadaan Tambahan : Rp. 12.865.000,-
Cadangan Modal : Rp. 6.501.000,- +
Total : Rp. 90.000.000,-
b. Sumber Modal
Modal Sendiri : Rp. 60.000.000,-
Modal Ibu : Rp. 30.000.000,- +
Total : Rp. 90.000.000,-
c. Neraca 1/1-3
Usaha Sale Pisang
Neraca 1/1-3
Penutup
Kesimpulan
Sejalan dengan jadwal pemerintah dalam rangka berbagi ekonomi nasional yang salah satunya ialah membangun kreatifitas perjuangan yang bersifat kemandirian maka melalui proposal ini kiranya sanggup menjadi pertimbangan bagi para pemilik modal untuk mendukung jadwal perjuangan kemandirian yang sudah secara detail dijelaskan mengenai citra terkait jenis perjuangan dan prospek dari perjuangan pisang sale ini & Sebagai wirausahawan yang baik tentunya kami sadar bahwa mungkin ada beberapa aspek yang diluar jangkauan kami namun secara umum kami menilai perjuangan ini mempunyai prospek yang manis alasannya mempunyai aspek pendukung yang komplit dan sanggup berjalan dalam jangka panjang dan sebagai salam epilog kami ucapkan terimakasih atas ketersediaan dan dukungannya
Itulah pola proposal perjuangan atau pola proposal kewirausahaan yang dalam hal ini perjuangan pisang sale menjadi pola perjuangan yang di bahas dan untuk sebagai acuan komplemen dalam menciptakan proposal perjuangan sanggup juga anda baca di cara menciptakan proposal usaha