KODE IKLAN DFP 1 Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Suatu Kata Kunci | materi pelajaran k13 smp

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Suatu Kata Kunci

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Sebenarnya untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci bisa dilakukan dengan banyak cara baik itu dengan memakai tools ibarat keyword planner maupun dengan cek pribadi secara manual dengan mengetikkan kata kunci yang dimaksud di search engine. Diantara banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci tersebut, manakah yang paling valid? untuk mengetahui balasan dari pertanyaan tersebut mari kita lakukan analisan beberapa cara berikut di bawah ini

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Kata Kunci


1. Tingkat persaingan suatu kata kunci berdasarkan data google keyword planner

Cara ini memang paling gampang namun berdasarkan saya pribadi data yang diberikan oleh google keyword planner kurang akurat, alasannya sangat sederhana yaitu alasannya yaitu data yang diberikan oleh google keyword planner bukan merupakan data terupdate dan selain itu google keyword planner mengambil data hanya berdasarkan antara jumlah pencarian dengan banyaknya jumlah artikel yang tersedia di indeks google. Meskipun tidak akurat, paling tidak dengan google keyword planner ini kita mendapat citra sekilas wacana tingkat persaingan suatu kata kunci. Makara tidak ada salahnya kita menyebabkan google keyword planner sebagai acuan pemanis untuk mengetahui seberapa berat tingkat persaingan suatu kata kunci. Untuk memakai keyword planner bisa teman baca panduannya di cara menggunakan

2. Tingkat persaingan kata kunci berdasarkan result di pencarian google

Ada 3 cara yang biasa dilakukan oleh kalangan blogger dalam memilih tingkat persaingan kata kunci yaitu
  • dengan mengetikkan pribadi kata kunci
Sebagian blogger masih ada yang memakai metode ini dan merasa gembira bila sudah menjadi juara di google alasannya yaitu bisa bersaing di kata kunci yang mempunyai jumlah result yang tinggi padahal cara ini sangat sangat jauh dari kata akurat. Untuk menerangkan pernyataan saya ini, mari kita analisa 2 kata kunci berbeda berikut ini

kata kunci daftar facebook mempunyai jumlah result hampir menyentuh di angka 75.000.000 & anda boleh percaya atau tidak, kebetulan saya mempunyai blog gres yg ketika ini berusia kurang dari 3 bulan & ternyata sudah bisa di page one atau di peringkat 3 atau 4 yang kompetitornya juga yaitu blog blog personal dan bandingkan dengan kata kunci ke 2 berikut ini

hanya mempunyai 876.000 result (sangat jauh dibandingkan dengan kata kunci pertama) tapi kata kunci ke 2 ini justru mempunyai tingkat persaingan yang lebih berat. Jika anda mengejar kata kunci hotel murah maka yang menjadi kompetitor anda yaitu perusahaan-perusahan besar yang siap mengeluarkan jutaan rupiah untuk jasa seo profesional dan beriklan di adwords ibarat agoda[dot]com, traveloka[dot]com dan perusahaan besar lainnya
  • dengan mengetikkan kata kunci dan menambahkan intitle
Cara ini sedikit lebih akurat alasannya yaitu dengan menambahkan intitle sebelum kata kunci artinya menggali isu berapa jumlah kompetitor yang memasukkan kata kunci pada judul artikelnya yang pada umumnya kata kunci tersebutlah yang dioptimasi oleh admin blog akan tetapi seiring perkembangan waktu, tehnik seo  onpage (penerapan longtail keyword) menyebabkan cara ini dipertanyakan keakuratannya

Yang menjadi pertanyaan yaitu mana cara yang paling akurat untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci?

Untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kunci yang gotong royong yaitu dengan cara menganalisa satu persatu blog yang menjadi juara di google. paling tidak kita harus menyidik 3-5 blog yang berada di peringkat teratas dan yang perlu di analisa adalah

1. Jumlah dan kualitas backlink yang menuju homepage dan artikel blog tersebut
2. Apakah kata kunci yang anda analisa tersebut terdapat di deskripsi blog 5 teratas tersebut
3. Usia domain dari masing-masing blog di 5 teratas
4. Apakah artikel yang memuncaki 5 peringkat teratas tersebut di pasang pada sidebar
5. Apakah artikel yang menjadi 5 besar tersebut banyak mempunyai artikel penunjang
6. Apakah kata kunci tersebut terdapat di domain (on keyword domain)
7. Apakah kata kunci tersebut juga menjadi judul dari blog tersebut

Jika jawabannya yaitu ya atau paling tidak 5 dari 7 kriteria di atas terdapat pada blog tersebut maka artinya kata kunci tersebut mempunyai tingkat persaingan yang relatif berat alasannya yaitu itu lah kata kunci yang benar-benar di meningkatkan secara optimal oleh pengelola blog tersebut dan artinya bila ingin bersaing dengan blog-blog tersebut maka kita harus bisa mengoptimasi lebih manis lagi dari blog-blog yang menjadi 5 besar peringkat teratas tersebut dan mengetahui apa yang menjadi nilai minus dari blog kompetitor

Sebelum saya akhiri artikel ini sedikit perlu saya tambahkan bahwa seberat apapun tingkat persaingan suatu kata kunci dan sehebat apapun meningkatkan secara optimal yang di lakukan oleh para pemuncak serp bukan berarti tertutup peluang untuk kita-kita sebagai blogger pemula untuk bisa bersaing alasannya yaitu intinya google lebih menyukai fresh konten dan disatu sisi sebagian besar blogger akan berhenti mengoptimasi artikel yang sudah berada di page one dan disinilah peluang yang harus dimanfaatkan
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2